Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Harjamukti
Puskesmas
  • Puskesmas Harjamukti
2022-07-04 12:13:39

BULAN IMUNISASI ANAK NASIONAL (BIAN)

Halo warga Harjamukti!


Tahukan kamu apa itu BIAN? Pernah dengar tentang BIAS? Tentu sudah tidak asing bagi pembaca budiman semua. Kini, ada program BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) .


Mengapa akhirnya ada BIAN?


Cakupan imunisasi rendah, mengakibatkan immunity gap (kesenjangan imunitas) serta terjadi peningkatan kasus dan terjadi KLB (Kejadian Luar Biasa) PD3I seperti Covid-19.


Apa tujuan Pelaksanaan BIAN?


1. Mencapai dan mempertahankan kekebalan populasi yang tinggi


2. Menghentikan transmisi virus campak dan rubela 


3. Mempertahankan Indonesia Bebas Polio 


4. Mengendalikan penyakit difteri dan pertusis      


       


Kapan dan dimana BIAN dilaksanakan?


Waktu pelaksanaan mulai bulan Mei 2022 dan bulan Agustus 2022, masing-masing pelaksanaan 30 hari kerja. Lokasi pelaksanaan seluruh provinsi di Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, NTT, Maluku dan Papua, serta sleuruh provinsi di Pulau Jawa dan Provinsi Bali.


Dimana tempat pelaksanaannya ?


Puskesmas, RS Pemerintah, Klinik, Praktek Dokter Swasta, PMB, dll, serta pos pelayanan imunisasi di sekolah, pesantren, posyandu, dll.



Penurunan cakupan imunisasi rutin telah berakibat terjadinya peningkatan kasus PD3I diperlukan upaya segera untuk menutup immunity gap melalui BIAN.

BIAN merupakan momen penting untuk melindungi anak-anak Indonesia terhadap PD3I (Campak rubela, polio, difteri pertusis, tetanus, Hep B, dll.



Di Puskesmas Harjamukti telah dilaksanakan Sosalisasi BIAN melalui daring hari Jumat, 1 Juli 2022 oleh PJ Imunisasi Ibu Martiani, Amd.Kep yang dihadiri oleh Guru TK/RA/PAUD dan ibu-ibu kader. Acara dibuka dengan sambutan oleh Kepala UPTD Puskesmas Harjamukti, dr.Hj.Eni Ernawati, M.Kes.



Salam Sehat,

UPTD Puskesmas Harjamukti





          

Download File