Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Harjamukti
Puskesmas
  • Puskesmas Harjamukti
2021-12-19 11:21:00

Ayo Ketat KB di masa pandemi COVID-19!

Telah dilakukan pelaksanaan penyuluhan KB dan Bahaya Narkoba yang telah dilakukan oleh Bd. Entin Kartini selaku bidan puskesmas di Aula Kantor Kelurahan Harjamukti dalam rangka memeriahkan kegiatan KAMPUNG KB pada Selasa, 14 Desember 2021. 

Dari laman BKKBN, disebutkan Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) didefinisikan sebagai satuan wilayah setingkat desa dimana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat.

Di masa pandemi Covid-19 ini lebih baik tunda kehamilan, bagi pemakai akseptor KB lebih dahulu membuat janji dengan petugas puskesmas, dan konsultasi KB dapat dilakukan secara online.

Selain itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh petugas kesehatan dalam pelaksanaan pelayanan KB yaitu : Mendorong semua PUS untuk menunda kehamilan dengan tetap menggunakan kontrasepsi, Petugas Kesehatan harus menggunakan APD, kader menggunakan masker, Berkoordinasi dengan PLKB kecamatan untuk ketersediaan pil dan kondom di Kader atau PLKB, serta memudahkan masyrarakat untuk membuat janji temu konsultasi secara online.  (sumber : panduan pelayanan KB dan KESPRO semasa pandemi Covid-19, Kemenkes 2021)

Layanan catin juga dalam pandemi Covid ditunda pelaksanaannya seperti Bimbingan perkawinan, pemeriksaan kesehatan, konsultasi keluarga dan bimbingan lainnya, kecuali pelayanan administrasi dan pencatatan nikah.



 sumber : Ilustrasi perempuan hamil memakai masker. FOTO/iStockphoto

Download File