Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Harjamukti
Puskesmas
  • Puskesmas Harjamukti
2022-01-10 15:31:27

PELAKSANAAN FOGGING DI RW 14 KELURAHAN HARJAMUKTI

  • Pada tanggal 1 Januari 2022 terdapat laporan kasus masuk sebanyak 2 orang di wilayah RT 1 RW 14 kemudian selanjutnya puskesmas melakukan tindak lanjut invsetigasi P.E. (Penyedelikkan Epidemiologi). Berdasarkan hasil investigasi P.E. yang dilakukan dalam radius 200 m dari rumah penderita ditemukan positif jentik di 2 rumah dari 20 yang diperiksa. Jentik tersebut ditemukan di kolam yang tidak terpakai di halaman rumah dan ada di pot tanaman. 

    Disebutkan di Surat Edaran Nomor : HK.02.02/IV/236O/2020 TENTANG PELAKSANAAN PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN DBD DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19, Fogging dapat dilakukan apabila : 
    1. Ditemukan kasus penderita DBD 1 atau lebih, atau ditemukan 1 atau lebih atau ditemukan lebih dari 3 kasus panas tanpa sebab yang jelas  (tidak batuk, tidak pilek). 
    2. Ditemukan jentik >5% dari rumah bangunan yang diperiksa

    Dapat disimpulkan bahwa kasus yang terjadi di RW 14 dengan hasil tersebut maka kami Puskesmas menindaklanjuti kasus DBD dengan melakukan pengasapan yang gunanya untuk  membunuh nyamuk dewasa (vektor infektif) dengan cepat, sehingga rantai penularan segera dapat diputuskan. Selain itu, juga bertujuan untuk menekan kepadatan nyamuk selama saat itu. 

    Pelaksanaan di fogging di RW 14 berjalan dengan lancar pada Minggu, 09 Januari 2022 pukul 09.00 WIB - 11.00 WIB oleh PJ Kesehatan Lingkungan dan tim Fogger Puskesmas.  Fogging dilaksanakan dengan sasaran +- 60 KK. Kegiatan ini didampingi oleh Bapak Alan selaku Ketua RW 14 dan Ketua RT 1 dan Masyarakat sekitar. 

    Kepada warga Harjamukti khususnya dihimbau untuk melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) rutin seminggu 1x atau Pemeriksaan Jentik Berkala (PJB). Tetap Semangat, Jaga Kesehatan!

    Salam Sehat,
    UPTD Puskesmas Harjamukti

Download File