Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Harjamukti
Puskesmas
  • Puskesmas Harjamukti
2022-05-26 14:27:45

Pelacakan Orang Terduga TB dan Pasien TB Mangkir

  • Kegiatan Luar Gedung 
    Pelacakan Orang Terduga TB dan TB Mangkir di RT 5 RW 9

    Adanya laporan dari Dinas Kesehatan Kota Depok bahwa ada pasien wilayah Harjamukti di RT 5 RW 9 yang tidak datang kembali untuk berobat (TB RO) ke RS Citra Arafiq. Oleh karena itu petugas TB, petugas PromKes dan Kader TB wilayah Harjamukti melakukan kunjungan ke rumah pasien tersebut. 

    Di dapatkan pasien TB tersebut tinggal bersama dengan istri dan 3 anaknya. Setelah di wawancara ternyata pasien TB tersebut memang sudah putus pengobatan sejak Oktober 2021, di karenakan tidak kuat jika harus bolak balik ke RS di tambah dengan beban finansial transportasi. 

    Petugas TB memberikan motivasi kepada pasien TB tersebut agar tetap melanjutkan pengobatannya, agar pasien TB tersebut sembuh dan tidak menulari keluarga yang tinggal serumah. Dan petugas Promkes memberikan saran kepada keluarga pasien TB agar ventilasi rumah selalu terbuka, jika ada batuk/ bersin harus di tutup, harus selalu menjaga kebersihan di rumah, pakai masker dan selalu cuci tangan. 

    Pasien TB dan Keluarganya pun menerima masukkan saran yg di berikan. Dan mau untuk dilakukan tes dahak (TCM) sekeluarga. 

    Terimaksih
Download File